Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013

Charmanita, Ika Apriliani (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Melalui Strategi Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Pada Mata Pelajaran PKn Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 03 Ngemplak Kecamatan Karangpandan Kabupaten Karanganyar Tahun Ajaran 2012/.2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (209kB)
[img]
Preview
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI_JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (75kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan melalui strategi pembelajaran Think Pair Share bagi siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD Negeri 03 Ngemplak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi.Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengalami peningkatan yaitu: 1) peningkatan keaktifan siswa yang meliputi: a) peningkatan keaktifan perhatian siswa ketika mendengarkan penjelasan guru pada kondisi awal sebanyak11 siswa (55%), 14 siswa (70%) pada siklus I, 18 siswa (90%) pada siklus II. b) siswa yang aktif dalam berdiskusi pada kondisi awal sebanyak 10 siswa (50%), 12 siswa (60%) pada siklus I, 19 siswa (95%) pada siklus II. c) siswa yang aktif mengajukan pertanyaan pada kondisi awal sebanyak 8 siswa (40%), 11 siswa (55%) pada siklus I, 17 siswa (85%) pada siklus II. d) keaktifan siswa saat menjawab pertanyaan pada kondisi awa sebanyak 8 siswa (40%), 10 siswa (50%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. e) keaktifan siswa saat mengemukakan pendapat pada kondisi awal sebanyak 5 siswa ( 25%), 9 siswa (45%) pada siklus I, 15 siswa (75%) pada siklus II. 2) peningkatan hasil belajar yaitu sebelum adanya tindakan kelas hasil belajar siswa yang diatas KKM sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (45%), 13 siswa (65%) pada siklus I, dan 17 siswa (85%) pada siklus II. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pembelajara Pendidikan Kewarganegaraan melalui penerapan strategi Think Pair Share dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas IV yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: think pair share, keaktifan belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 15 Apr 2013 11:18
Last Modified: 15 Apr 2013 11:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23616

Actions (login required)

View Item View Item