Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Teknik Tell Me What You See Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Temboro IV Karangtengah Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013

Daryanti, Eka and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Dengan Menggunakan Teknik Tell Me What You See Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Temboro IV Karangtengah Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (716kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara dengan teknik tell me what you see pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas, subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Hasil tindakan kelas ini adalah terjadinya peningkatan kemampuan berbicara siswa, melalui meningkatkan kemampuan berbicara siswa didalam setiap siklusnya, yaitu yang meliputi a) kesesuaian dengan objek yang dilihat sebelum dilakukan tindakan sebesar 1, 96% (5 siswa), pada siklus 1 sebesar 36% (9 siswa), pada siklus 2 84% (21 siswa). b) ketepatan makna keseluruhan cerita yang dilihat sebelum tindakan sebesar 24% (6 siswa), pada siklus 1 44% ( 11 siswa), pada siklus 2 92% ( 23 siswa). c) ketepatan kata yang dilihat sebelum tindakan sebesar 16% ( 4 siswa ), pada siklus 1 48% (12 siswa), pada siklus 2 96% (24 siswa). d) ketepatan kalimat yang dilihat sebelum tindakan sebesar 16% (4 siswa), pada siklus 1 56% (16siswa), pada siklus 2 92% (23 siswa). e) kelancaran dalam bercerita yang dilihat sebelum dilakukan tindakan sebesar 24% (6 siswa), pada siklus 1 36 % (9 siswa), pada siklus 2 82 % (22 siswa).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berbicara, teknik tell me what you see
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2013 09:03
Last Modified: 31 Oct 2021 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23608

Actions (login required)

View Item View Item