Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa KelaS V SD Negeri I Baleharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Wahyu and , Dra. Risminawati, M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Berbicara Melalui Strategi Pembelajaran Student Facilitator And Explaining Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa KelaS V SD Negeri I Baleharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (285kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (35kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
KARYA_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf

Download (166kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining pada siswa kelas V SD Negeri I Baleharjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, subyek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri I Baleharjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, dokumentasi dan wawancara.. Teknik analisis data digunakan dengan analisis yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbicara serta hasil belajar kemampuan berbicara siswa kelas V SD Negeri I Baleharjo, tahun ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti pada kondisi awal sebelum dilaksanakan tindakan nilai rata-rata hasil belajar kemampuan berbicara 65, 74 dengan persensentase ketuntasan sebesar 42,10 %, pada siklus I sebesar 70,94 dengan persentase sebesar 73,68 %, dan pada siklus II sebesar 78 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,47 %. Selain itu, kemampuan berbicara siswa juga meningkat pada setiap siklusnya, yaitu yang meliputi: a) Kesesuaian isi dengan topik pembicaraan siklus I 73,6% ( 14 siswa) dan pada siklus II 84,21% ( 16 siswa), b) Ketepatan lafal dan intonasi siklus I 63,16% (12 siswa) dan pada siklus II 78,95% ( 15 siswa), c) Ketepatan siswa dalam siklus I 73,68% (14 siswa) dan pada siklus II 84,21% ( 14 siswa), d) Kelancaran siswa dalam mengucapkan pada siklus I 68,42% ( 13 siswa) dan pada siklus II 78,95% ( 15 siswa), e) Kenyaringan suara siklus I 63,16% (12 siswa) dan pada siklus II 84,21% (16 siswa), f) Sikap dalam berbicara pada siklus I 63,16% ( 12 siswa) dan pada siklus II 84,21% ( 16 siswa), g) Penguasaan topik pembicaraan pada siklus I 63,16 % ( 12 siswa) dan pada siklus II 84,21% (16 siswa). Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan kemampuan berbicara dan hasil belajar kemampuan berbicara mata pelajaran Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Negeri I Baleharjo tahun pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: berbicara, strategi student facilitator and explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2013 06:11
Last Modified: 31 Oct 2021 06:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23601

Actions (login required)

View Item View Item