Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Malanggaten Tahun Pelajaran 2012/2013

Nugraha, Okta Putra and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPS Dengan Metode Cooperative Script Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Malanggaten Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (399kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (24kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (890kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (303kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah : Memaparkan penggunaan metode Cooperative Script sebagai upaya dalam meningkatkan keaktifan belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten Kecamatan Kebakkramat Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Adanya peningkatan rata-rata nilai yang diperoleh siswa dari sebelumnya pada tes awal 69,54 kemudian pada siklus pertama 73,86 dan 80,27 pada siklus kedua (2) Adanya peningkatan prosentase ketuntasan belajar siswa yang pada tes awal hanya 40,90%; dan pada tes siklus pertama 72,73% dan siklus kedua menjadi 90,91%.. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka dapat disimpulkan bahwa melalui penggunaan metode Cooperative Script dapat meningkatkan keaktifan belajar mata pelajaran IPS materi memahami sejarah, kenampakan alam, dan keragaman suku bangsa di lingkungan kabupaten/kota dan provinsi pada siswa kelas IV SD Negeri 01 Malanggaten.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode cooperative script, peningkatan keaktifan belajar siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Apr 2013 05:52
Last Modified: 31 Oct 2021 06:51
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23600

Actions (login required)

View Item View Item