Pengaruh Kolaborasi Strategi Pembelajaran Circ Dan Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa KelaS IV SD Negeri Bogotanjung, Pati Tahun 2012/2013

Kusumaningtyas, Atut and , Drs. Muhroji, S.E, M.Si. (2013) Pengaruh Kolaborasi Strategi Pembelajaran Circ Dan Quick On The Draw Terhadap Hasil Belajar Ips Pada Siswa KelaS IV SD Negeri Bogotanjung, Pati Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._JUDUL-ABSTRAK.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar perbedaan hasil belajar IPS dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran CIRC dan quick on the draw dan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV SD N Bogotanjung, Pati tahun 2012/2013. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD N Bogotanjung 01 dan seluruh siswa kelas IV SD N Bogotanjung 02 tahun ajaran 2012/2013. Seluruh siswa kelas IV SD N Bogotanjung 01 dijadikan sebagai kelompok eksperimen dengan penerapan kolaborasi strategi pembelajaran CIRC dan quick on the draw. Seluruh siswa kelas IV SD N Bogotanjung 02 dijadikan sebagai kelompok kontrol dengan penerapan strategi konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan observasi terstruktur. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji t. Hasil analisis menunjukkan pada tingkat kesalahan 5%, hipotesis penelitian yang menyebutkan “terdapat perbedaan hasil belajar IPS dengan penerapan kolaborasi strategi CIRC dan quick on the draw dan dengan strategi konvensional pada siswa kelas IV SD N Bogotanjung” dapat diterima. Berdasarkan uji t diperoleh t hitung > t tabel, yaitu 4,889 > 2,026. Hasil belajar IPS yang diajar dengan menggunakan kolaborasi strategi pembelajaran CIRC dan quick on the draw lebih baik daripada strategi konvensional dengan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar daripada kelompok kontrol, yaitu 8 > 6,92. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kolaborasi strategi CIRC dan quick on the draw berpengaruh terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD Negeri Bogotanjung.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kolabotasi Strategi Pembelajaran CIRC dan Quick on The Draw, Strategi Konvensional, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Apr 2013 07:21
Last Modified: 31 Oct 2021 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23591

Actions (login required)

View Item View Item