Studi Komparasi Hasil Belajar Ips Antara Guided Teaching Dengan Student Facilitator And Explaining Siswa Kelas IV SDIT Az-Zahra Sragen 2012/2013

Mutmainnah, Ani Saul and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Studi Komparasi Hasil Belajar Ips Antara Guided Teaching Dengan Student Facilitator And Explaining Siswa Kelas IV SDIT Az-Zahra Sragen 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (611kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (229kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan apakah terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara Guided Teaching dengan strategi Student Facilitator and Explaining siswa kelas IV SDIT AZ-ZAHRA Sragen 2012/2013 dan membandingkan mana yang lebih baik dari kedua strategi tersebut. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas IV B yang dikenai strategi Guided Teaching dan kelas IV C yang dikenai strategi Student Facilitator and Explaining di SDIT AZ-ZAHRA Sragen. Uji keseimbangan kedua kelas dilakukan sebelum penelitian dilaksanakan. Uji homogenitas menggunakan metode Bartlet dan diperoleh X2 hitung < X2 tabel yaitu 0,471 < 3,841 yang menunjukkan bahwa populasi memiliki variansi yang homogen. Istrumen tes yang digunakan berbentuk pilihan ganda. Sedangkan untuk analisis butir soal terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas soal. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas metode Lillefors diperoleh Lhitung < Ltabel yaitu 0,085 < 0,154 dan 0,117 < 0,159 yang menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal. Hasil uji t menunjukkan thitung > ttabel, yaitu 2,058 > 1,999. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dikenai strategi Guided Teaching dan siswa yang dikenai strategi Student Facilitator and Explaining. Berdasarkan nilai rata-rata kelas IV C 87,129 dan kelas IV B 82,061 maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang dikenai strategi Student Facilitator and Explaining lebih baik dibandingkan hasil belajar siswa yang dikenai strategi Guided Teaching.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Guided Teaching, strategi Student Facilitator and Explaining, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2013 10:25
Last Modified: 31 Oct 2021 06:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23579

Actions (login required)

View Item View Item