Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Pemberian Hadiah (Reward) pada Siswa Kelas II SD Negeri Kandang Panjang 03 Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012

Mulyadi, Moch Nur and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Mata Pelajaran IPA Melalui Pemberian Hadiah (Reward) pada Siswa Kelas II SD Negeri Kandang Panjang 03 Pekalongan Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (907kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (247kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (654kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mata pelajaran IPA melalui pemberian hadiah (reward) pada siswa kelas II SD Negeri Kandang Panjang 03 Pekalongan tahun ajaran 2011/2012. Dalam penelitian ini guru kelas dan peneliti bertindak sebagai subjek yang memberikan tindakan kelas. Sedangkan siswa kelas II sebagai subjek penelitian yang menerima tindakan. Objek pada penelitian ini yaitu motivasi belajar, mata pelajaran IPA, dan pemberian hadiah (reward). Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan mengacu pada analisis data interaktif yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Langkah-langkah penelitian tindakan kelas ini meliputi 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian tindakan kelas ini menghasilkan peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa pada akhir siklus II sebesar 83,33% dengan rata-rata nilai siswanya sebesar 75,45. Dan pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 61,48% dengan rata-rata nilai siswanya sebesar 60,78 dari kondisi awal rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 33,38% dengan rata-rata nilai siswanya sebesar 48,59. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui pemberian hadiah (reward) dalam mata pelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar pada siswa kelas II SD Negeri Kandang Panjang 03 Pekalongan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar, Mata Pelajaran IPA, Pemberian Hadiah (Reward)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 07:19
Last Modified: 31 Oct 2021 06:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23577

Actions (login required)

View Item View Item