Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013

Sa’adah, Nurul Aini and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Minat Belajar Bahasa Indonesia dengan Menerapkan Model Complete Sentence pada Siswa Kelas V SD Negeri Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (259kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV_baru.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (679kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._JURNAL_ILMIAH.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V dengan menerapkan model complete sentence. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD N Gunungtumpeng 01 Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang yang berjumlah 24 siswa dan subjek pelaku tindakan adalah guru kelas. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, monitoring, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Validitas data menggunakan teknik triangulasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis dengan menggunakan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya minat belajar siswa yang terlihat dalam 5 indikator; yaitu antusias dalam belajar, memperhatikan penjelasan dari guru, memberi tanggapan dari guru atau siswa lain, mengerjakan soal-soal latihan dari guru, dan menanyakan yang belum jelas. dengan hasil pada pra siklus sebanyak 4 siswa dengan prosentase 16,6%, siklus I sebanyak 12 siswa dengan prosentase 50% dan pada siklus ke 2 meningkat sebanyak 21 siswa dengan prosentase 87,5%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan model complete sentence dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas V SD N Gunungtumpeng 01 pada mata pelajaran Bahasa Indonesia tahun ajaran 2012/2013

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat belajar, complete sentence.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 07:00
Last Modified: 31 Oct 2021 06:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23575

Actions (login required)

View Item View Item