Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Metode Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetiskarangpung 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Adhitya, Prisma Nur (2013) Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran IPA Melalui Metode Kepala Bernomor Terstruktur Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetiskarangpung 2 Kecamatan Kalijambe Kabupaten Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (671kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (521kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA melalui penerapan metode Kepala Bernomor Terstruktur. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini merupakan penelitian kolaboratif antara peneliti dan guru kelas V SD Negeri Jetiskarangpung 2 sebagai subyek pelaku tindakan. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Jetiskarangpung 2 yang berjumlah 16 orang. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain, metode tes, metode wawancara, metode observasi, metode dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, digunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber. Pada penelitian tindakan kelas ini, analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar, hasil belajar pada kondisi awal diperoleh rata-rata nilai 6,34 dengan ketuntasan belajar 56,25% dari 16 orang siswa. Pada siklus I rata-rata nilai yang diperoleh 6,53 dengan ketuntasan belajar 62,50% dari 16 orang siswa. Pada siklus II rata-rata nilai yang diperoleh 7,03 dengan ketuntasan belajar 87,25% dari 16 orang siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penerapan metode Kepala Bernomor Terstruktur dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar IPA Pada siswa kelas V SD Negeri Karangpung 2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, metode kepala bernomor terstruktur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 06:40
Last Modified: 12 Apr 2013 09:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23572

Actions (login required)

View Item View Item