Perbandingan Antara Penggunaan Media Gambar dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Padasiswa Kelas IV SD Negeri Katelan 4 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Sandra, Putri Kinasih Arius and , Drs. Mulyadi Sri Kamulyan, S.H, M.Pd (2013) Perbandingan Antara Penggunaan Media Gambar dengan Media Video Terhadap Hasil Belajar Siswa Matapelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Padasiswa Kelas IV SD Negeri Katelan 4 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (248kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (442kB)

Abstract

Dalam melakukan proses pembelajaran, guru dapat memilih dan menggunakan beberapa strategi, metode dan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik siswa dan materi pelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) melalui perbandingan antara media gambar dengan media video pada siswa kelas IV SD Negeri Katelan 4 Sragen tahun ajaran 2012/2013.Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas yang meliputi tahap pengumpulan data, uji validitas, uij reliabilitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan untuk hasil r hitung validitas yang menggunakan media gambar yaitu 0.650 dan hasil r hitung validitas yang menggunakan media video yaitu 0.846 sedangkan untuk hasil reliabilitas terhadap soal memperoleh cronbach’s alpha 0.762 untuk X1 (media gambar) dan 0.842 untuk X2(media video). Berdasarkan uji analis tersebut diperoleh sebesar 0.885 sedangkan sebesar 0.329. Nilai rata-rata kelas yang diajar menggunakan media gambar lebih tinggi bila dibandingkan dengan kelas yang diajar dengan menggunaka media video yaitu 2.77. Dengan demikian, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media gambar dan media video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Katelan 4 Sragen tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Gambar, Media Video dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 06:00
Last Modified: 31 Oct 2021 06:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23569

Actions (login required)

View Item View Item