Studi Komparasi Antara Strategi Guided Note Taking dengan Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V di SDIT Az-Zahra Sragen Tahun 2012/2013

Syarifah, Naili (2013) Studi Komparasi Antara Strategi Guided Note Taking dengan Concept Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS pada Siswa Kelas V di SDIT Az-Zahra Sragen Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (823kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (532kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (583kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (740kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (446kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (588kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (758kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS dengan menggunakan strategi Guided Note Taking dan Concept Mapping. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VA dan VD SDIT Az-Zahra Sragen yang berjumlah 64 siswa. Obyek penelitian adalah pembelajaran IPS dengan strategi Guided Note Taking dan Concept Mapping Sebelum dilakukan tindakan dilakukan uji keseimbangan diantara kedua kelas tersebut. Instrumen penelitian ini menggunakan soal obyektif. Adapun untuk analisis butir soal terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas soal. Untuk uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas metode Lillefors diperoleh Lhitung < Ltabel. Uji homogenitas menggunakan metode Bartlet diperoleh χ2 hitung < χ2 tabel yaitu 0,3483 < 3,841 yang menunjukkan kedua kelompok memiliki variansi yang homogen Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Hasil uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 3,328 > 1,999 yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar IPS antara strategi Guided Note Taking dengan Concept Mapping. Berdasarkan nilai rata-rata hasil belajar IPS, yaitu 82,91 > 72,81 menyimpulkan bahwa siswa kelas VD yang menggunakan strategi Guided Note Taking memperoleh hasil belajar yang lebih baik dari kelas VA yang menggunakan strategi Concept Mapping.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guided Note Taking, Strategi Concept Mapping, Hasil Belajar IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 05:49
Last Modified: 12 Apr 2013 09:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23568

Actions (login required)

View Item View Item