Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Kancing Gemerincing Siswa Kelas IV SD Negeri O3 Nglebak Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013

Purbandani, Mahardhika and , Drs. Djalal Fuadi, M.M. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Melalui Metode Kancing Gemerincing Siswa Kelas IV SD Negeri O3 Nglebak Tawangmangu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (587kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (62kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (116kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (172kB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah : Meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran IPS dengan menggunakan metode kancing gemerincing siswa kelas IV SDN 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu Kabupaten Karanganyar. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, tiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sebagai subjek yang melakukan tindakan adalah guru, sedangkan subjek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu, berjumlah 24 siswa, 16 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data mengunakan observasi, dokumentasi dan tes. Tehnik analisis data menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif yang meliputi : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa melalui metode kancing gemerincing mampu meningkatkan keaktifan siswa dan mengurangi kesulitan belajar IPS pada kelas IV SD Negeri 03 Nglebak Kecamatan Tawangmangu. Hal ini dapat dibuktikan dengan: (1) Rata-rata nilai kelas yang diperoleh siswa dari sebelum tindakan 66,50 ; kemudian pada siklus I meningkat menjadi 66,95; kemudian meningkat menjadi 71,91 pada siklus II (2) Persentase ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan 37,50%; pada tes siklus I menjadi 54,16% kemudian pada siklus II menjadi 87,50% . dengan demikian dalam penelitian ini setiap siklus mengalami peningkatan hasil belajar secara signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Mengaktifkan, Kelompok Belajar, Kancing Gemerincing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Apr 2013 07:41
Last Modified: 31 Oct 2021 06:12
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23567

Actions (login required)

View Item View Item