Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV Mi Al Islam Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Rahayu, Aminah Tri and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Studi Komparasi Strategi Pembelajaran Crossword Puzzle dan Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar PKn Kelas IV Mi Al Islam Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (626kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (40kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (22kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (727kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan antara strategi Crossword puzzle dan Group Investigation terhadap hasil belajar PKN pada siswa kelas IV MI Al Islam Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013, (2) mengetahui strategi yang lebih efektif anatara menggunakan strategi Crossword Puzzle dengan menggunakan strategi Group Investigation terhadap hasil belajar PKn pada siswa kelas IV MI Al Islam Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MI Al Islam Kartasura. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IVA yang dikenai strategi Crossword puzzle dan kelas IVB yang dikenai strategi Group Investigation. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple rondom sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik wawancara, dokumentasi dan tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh : (1) terdapat perbedaan yang signifikan pada hasil belajar PKn materi Lembaga-lembaga negara pada susunan pemerintah pusat antara strategi yang digunakan yaitu Crossword Puzzle dengan strategi Group Investigation, dibuktikan dengan thitung > ttabel, yaitu 3,328 > 1,999, (2) strategi Crossword Puzzle lebih efektif daripada strategi Group Investigation, dibuktikan dengan nilai rata-rata hasil belajar PKn kelas A lebih banyak dibandingkan kelas B, yaitu 83,73 > 75,375.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Crossword Puzzle, strategi Group Investigation, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 05:33
Last Modified: 31 Oct 2021 06:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23565

Actions (login required)

View Item View Item