Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) pada Siswa Kelas V SD Negeri Jaten I Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013

Wahyudi, Eko and , Dra. Sri Hartini, S.H, M.Pd (2013) Peningkatan Aktivitas Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Children Learning In Science (Clis) pada Siswa Kelas V SD Negeri Jaten I Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (292kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (380kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar IPA melalui model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) pada siswa kelas V SD Negeri Jaten I Tahun Pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bertempat di SD Negeri Jaten I Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas V SD Negeri Jaten I sedangkan pemberi tindakan adalah peneliti. Objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Children Learning In Science(CLIS) dan aktivitas belajar IPA. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara analisis kualitatif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator aktivitas belajar IPA yaitu : (1) antusias siswa mendengarkan penjelasan guru meningkat dari 54,2% menjadi 100%, (2) siswa berani mengemukakan ide/gagasan meningkat dari 12,5% menjadi 70,8%, (3) siswa mengajukan pertanyaan meningkat dari 20,8% menjadi 70,8%, (4) siswa yang melakukan percobaan meningkat dari 12,5% menjadi 91,6%, (5) siswa menyelesaikan tugas/mengerjakan soal meningkat dari 58,3% menjadi 87,5%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Children Learning In Science (CLIS) dapat meningkatkan aktivitas belajar IPA pada siswa kelas V SD Negeri Jaten I Selogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas belajar, Children Learning In Science (CLIS)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 05:23
Last Modified: 31 Oct 2021 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23564

Actions (login required)

View Item View Item