Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetak Tahun 2013

Mansur, A Bagus and , Drs. Suwarno, S.H., M.Pd. (2013) Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetak Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
02.__Halaman_Depan.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
03._BAB_I.pdf

Download (170kB)
[img] PDF (Bab II)
04._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (234kB)
[img] PDF (Bab III)
05._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB)
[img] PDF (Bab IV)
06._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
07._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08._Daftar_Pustaka.pdf

Download (93kB)
[img] PDF (Lampiran)
09._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (551kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._Naskah_Publikasi.pdf

Download (279kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi melalui strategi Jigsaw. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri Jetak tahun pelajaran 2012/2013 yang berjumlah 28 siswa, guru & teman sejawat. Adapun obyek penelitian ini adalah kemampuan menulis puisi & strategi jigsaw. Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang di laksanakan dalam dua siklus dimana tiap siklus dua pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan soal evaluasi, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif. Berdasarkan hasil tes, observasi, wawancara dan dokumentasi yang dilaksanakan dalam dua siklus diperoleh data yang menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar kemampuan menulis puisi terlihat dari nilai ratarata post test siswa pra siklus (68,5), pada siklus I (72,86), dan siklus II (79,64). Tingkat ketuntasan siswa menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar dari pra siklus siswa yang tuntas (40%), pada siklus I (62,29%), pada siklus II (85,71%). Indikator pencapaian yang ditetapkan sebesar (85%) pada KKM individual yang ditetapkan untuk pembelajaran kemampuan menulis puisi adalah (KKM=75). Berdasar lembar observasi menunjukkan kinerja guru, aktifitas guru berada pada kategori baik (score=3) mengalami peningkatan dari siklus sebelumnya dan sudah mencapai indikator pencapaian yang ditetapkan minimal baik (score=3). Secara keseluruhan pada siklus II semua aspek pembelajaran kemampuan menulis puisi melalui strategi jigsaw mengalami peningkatan yang signifikan. Dengan demikian hipotesis yang berbunyi “Bahwa kemampuan menulis puisi dapat ditingkatkan melalui strategi jigsaw pada siswa SD Negeri Jetak tahun pelajaran 2012/2013” dapat diterima kebenarannya. Maka Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini telah berhasil. Dalam pembelajaran menulis puisi kelas V SD sebaiknya digunakan strategi Jigsaw & tidak menutup kemungkinan dikembangkannya strategi yang lain.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan, Menulis Puisi, Strategi Jigsaw
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 12 Apr 2013 05:04
Last Modified: 03 Nov 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23562

Actions (login required)

View Item View Item