Penerapan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Sriyono, Sriyono and , Dr. Samino, M.M. and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Penerapan Media Piramida Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Dalam Menulis Deskripsi Pada Siswa Kelas V SD Negeri 01 Jatipuro Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (589kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (59kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (411kB)

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah penerapan media piramida cerita dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia dalam menulis deskripsi melalui penerapan media piramida cerita pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar. Metode dan analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pengumpulan data, sajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan menunjukkan bahwa nilai ratarata awal siswa 60,80 atau 36,66% siswa yang mencapai nilai sesuai KKM. Siklus I diketahui nilai rata-rata 70,76 atau 66,56% siswa yang mencapai nilai sesuai KKM. dan Siklus II diketahui nilai rata-rata 75,66 siswa yang mencapai nilai sesuai KKM ketuntasan secara klasikal mencapai 93,33 %. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan media piramida cerita dapat meningkatkan hasil belajar menulis deskripsi pada siswa kelas V SDN 01 Jatipuro Kecamatan Jatipuro Kabupaten Karanganyar.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: hasil belajar menulis deskripsi, media piramida cerita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Apr 2013 09:02
Last Modified: 31 Oct 2021 06:05
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23558

Actions (login required)

View Item View Item