Pengembangan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Pada Anak Kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen)

Hastuti, Dwi and , Aryati Prasetyarini, Mpd (2013) Pengembangan Ketrampilan Motorik Halus Anak Melalui Kegiatan Meronce (Penelitian Pada Anak Kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (645kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (227kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (974kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk mengetahui pengembangan ketrampilan motorik halus anak melalui kegiatan meronce kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013 dan untuk mengetahui berapa besar keberhasilan implementasi dengan kegiatan meronce dapat mengembangkan ketrampilan motorik halus anak kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti, guru kelas dan kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan metode observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi. Data dianalisis secara analisis komparatif dengan membandingkan kemampuan anak dengan indicator kinerja pada setiap siklus, dan analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dilakukan dalam bentuk interaktif dengan pengumpulan data sebagai suatu proses siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pengembangan ketrampilan motorik halus anak kelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen melalui kegiatan meronce. Sebelum dilakukan tindakan (pra siklus) sampai siklus III yaitu sebelum tindakan 52%, siklus I hasilnya 67,4%, siklus II 78,5% dan siklus III 89%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui kegiatan meronce dapat mengembangkan ketrampilan motorik halus anakkelompok B TK Mojodoyong I, Kedawung, Sragen Tahun Pelajaran 2012-2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketrampilan motorik halus dan meronce
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Apr 2013 12:17
Last Modified: 22 Oct 2021 02:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23544

Actions (login required)

View Item View Item