Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2012/2013

MEILA, SHEFI HUDA (2013) Peningkatan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review) Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (242kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (285kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (692kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui metode SQ3R ( Survey, Question, Read, Recite, Review) pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Masing-masng siklus ini terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian yang dikenai tindakan ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 03 Rejosari yang berjumlah 12 siswa, sedangkan obyek penelitiannya adalah keterampilan membaca pemahaman. Dalam penelitian tersebut teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif. Analisis data ini terdiri dari 3 komponen yakni reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terdapat peningkatan indikator keterampilan membaca pemahaman meliputi : 1) Keterampilan mengenal sistem tulisan dalam bacaan tahap pra siklus sebesar 41,66%, siklus I 75,00% dan siklus II 83,33%, 2)Keterampilan mengenal kosakata tahap pra siklus sebesar 58,33%, siklus I 66,67%, siklus II 75,00%, 3)Keterampilan mengidentifikasi topik dan letak kalimat utama tahap pra siklus sebesar 41,66%, siklus I 75,00%, siklus II 83,33%, 4)Keterampilan menentukan makna kata sukar tahap pra siklus sebesar 50,00%, siklus I 66,67%, siklus II 75,00%, 5)Keterampilan membedakan ide utama dari kalimat pendukung tahap pra siklus sebesar 41,66%, siklus I 66,67%, siklus II 83,33%, 6)Nilai siswa lebih dari KKM (≥65) pra siklus 41,66%, siklus I 66,67%, siklus II 83,33%. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman pada siswa kelas IV SD Negeri 03 Rejosari Kecamatan Dawe Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R (Survey, Question, Read, Recite, Review), keterampilan membaca pemahaman
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2013 12:15
Last Modified: 10 Apr 2013 12:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23543

Actions (login required)

View Item View Item