Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013

Suwardi, Pipit and , Drs. Rubino Rubiyanto, M.Pd (2013) Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Discovery Pada Mata Pelajaran IPA Kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari Pemalang Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (442kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (91kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (106kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (260kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (68kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (286kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi belajar IPA dengan menggunakan metode discovery pada siswa kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari Pemalang Tahun 2012/2013. Jenis peneitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan satu kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari dengan jumlah siswa 32. Subjek pelaksanaan tindakan adalah peneliti dibantu oleh guru kelas. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data,penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukan adanya peningkatan motivasi siswa dalam belajar IPA dengan menggunakan metode discovery. Hal ini dapat dilihat dari: 1) keaktifan siswa dalam bertanya pada siklus I 43,7%, siklus II meningkat menjadi 65,6%. 2) keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dari siswa lain pada siklus I sebanyak 28,1%, siklus II meningkat menjadi 50%. 3) keaktifan siswa dalam mengerjakan soal kelompok pada siklus I 81,2%, siklus II meningkat menjadi 100%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM (65) sebelum tindakan 46,9%, siklus I 62,5%, siklus II 81,2%. Kesimpulan penelitian ini adalah dengan penerapan metode pembelajaran discovery dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri 01 Tanjungsari Pemalang.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, metode discovery
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:43
Last Modified: 31 Oct 2021 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23537

Actions (login required)

View Item View Item