Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Posing Dan Probing- Prompting Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Mtsn Ngawi

SUGIYANTA, NURKARTIKA KURNIAWATI (2013) Pembelajaran Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Problem Posing Dan Probing- Prompting Ditinjau Dari Keaktifan Belajar Siswa Mtsn Ngawi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (289kB)
[img]
Preview
PDF (Hal Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (291kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf

Download (18kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (28kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efek strategi pembelajaran problem posing dan probing prompting tehadap prestasi belajar matematika, (2) perbedaan efek keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian adalah semua siswa kelas VII semester genap MTs Negeri Ngawi tahun ajaran 2011/2012 sebanyak enam kelas. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode angket sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian pada ? ? 5%, diperoleh: (1) ada perbedaan efek antara strategi pembelajaran problem posing dan probing prompting tehadap prestasi belajar matematika, dengan Fa = 4.0328, (2) ada perbedaan efek keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fb = 6.2248, (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran dan keaktifan belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika, dengan Fab = 0.13766. Kata kunci: problem, posing , probing, prompting, keaktifan

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: problem, posing , probing, prompting, keaktifan
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Suparno
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:17
Last Modified: 10 Apr 2013 12:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23532

Actions (login required)

View Item View Item