Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Kelompok B Di Paud TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Handayani, Dewi Retno (2013) Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Pada Anak Kelompok B Di Paud TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (937kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (435kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (598kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan sikap sopan santun pada anak di PAUD TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan anak dari siklus I sampai dengan siklus III. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B PAUD TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali dengan siswa satu kelas yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi dan metode dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan dalam sikap sopan santun anak melalui metode bermain peran. Pada prasiklus diperoleh porsentase ketuntasan 19,1%, sedangkan prosentase yang belum tuntas sebesar 81% pada prasiklus ini hanya 4 anak yang dinyatakan tuntas dengan rata-rata nilai 2,3. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I, siklus II, dan siklus III prosentase ketuntasan dalam meningkatkan sikap sopan santun meningkat menjadi sebesar 52,4%, belum tuntas 47,6% yaitu terdapat 11 anak, dengan rata-rata nilai 2,5 dan siklus II terdapat 15 anak yang memenuhi kriteria ketuntasan meningkat menjadi sebesar 71,4%, belum tuntas 28,6%, dengan rata-rata nilai 2,9 dalam siklus III sudah mencapai kriteria ketuntasan dengan prosentase dalam meningkatkan sikap sopan santun anak sebesar 90,5%, belum tuntas 9,5% terdapat 19 anak dengan rata-rata nilai 3,6. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa pada siklus I, II, III dalam metode bermain peran dapat meningkatkan sikap sopan santun anak pada kelompok B di Paud TPQ Daarul Furqon Karanggeneng Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode bermain peran, meningkatkan sikap sopan santun anak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Apr 2013 11:16
Last Modified: 10 Apr 2013 11:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23531

Actions (login required)

View Item View Item