Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Hendriyana, Yuli (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Dengan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question Dan Question Student Have Pada Kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (614kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (135kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (82kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VIII menggunakan strategi pembelajaran Learning Start with a Question dan Question Studen Have pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP N 2 Colomadu Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIG sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan strategi LSQ) , VIIIB sebagai kelas eksperimen II (pembelajaran dengan strategi QSH) dan VIIIG sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 30 siswa. Nilail rata-rata hasil belajar siswa yang menggunakan strategi LSQ (71,50), QSH (71,50), dan kontrol (65,83) Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kuantitatif yaitu analisis yang banyak dituntut menggunakan angka, mulai dari penafsiran terhadap data, serta hasil belajar. Penelitian ini menggunakan uji analasis variansi satu jalan (One Way Anova) dan diperoleh nilai probabilitas yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas pada penelitian ini berdistribusi normal karena signifikansi dari penelitian ini lebih besar dari alpha (0,05), yaitu LSQ (0,200), QSH (0,085), kontrol (0,69), sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang sama atau homogen, Hasil analisis data menggunakan Anova diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar biologi menggunakan strategi Learning Start with a Question dan Question Student Have pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia terdapat perbedaan yang signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Learning Start with a Question, strategi Question Student Have, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 09:11
Last Modified: 10 Apr 2013 09:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23526

Actions (login required)

View Item View Item