Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Nopitasari, Ninda (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga Dan Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (623kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (191kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img] PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 2) Mengetahui pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 3) Mengetahui pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. 4) Mengetahui pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan penarikan kesimpulan melalui analisis statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah 172 siswa. Sampel diambil sebanyak 43 orang siswa dengan teknik random sampling. Data yang diperlukan diperoleh melalui angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji cobakan dan diuji validitas serta diuji reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji t, uji F, uji R2, dan sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi: Y = 36,055 + 0,190 X1 + 0,290 X2 + 0,526 X3. Persamaan menunjukkan bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah. Kesimpulan yang diambil adalah: 1) ” Ada pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,061> 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,030 dengan sumbangan efektif sebesar 4,4%. 2) “ Ada pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,959 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,016 dengan sumbangan efektif sebesar 8,7%. 3) “ Ada pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda (uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,670 > 2,042 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,023 dengan sumbangan efektif sebesar 5,3%. 4) “ Ada pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga dan Lingkungan Sekolah terhadap Prestasi Belajar pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sawit ” dapat diterima. Hal ini berdasarkan analisis variansi regresi linier ganda (uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu4,924 > 2,990 dan nilai signifikansi < 0,05, yaitu 0,004. 5) Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,184 menunjukkan bahwa besarnya pengaruh disiplin belajar, lingkungan keluarga dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar adalah sebesar 18,4%, sedangkan 81,6% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: disiplin belajar, lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan prestasi belajar ekonomi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 07:47
Last Modified: 10 Apr 2013 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23522

Actions (login required)

View Item View Item