Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012

Swandari, Niratih Retno and , Drs.Sudarto HS. MM and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Prestasi Belajar Ditinjau Dari Pola Belajar Dan Kreativitas Belajar Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan 1 Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.PDF

Download (715kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (181kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh: 1) pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 2) kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012; 3) pola belajar dan kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012. Jenis penelitian termasuk deskriptif kuantitatif. Populasinya seluruh mahasiswa angkatan 2011/2012 Progdi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS yang ikut DAK 1 sebanyak 190 dan sampel 123 dengan teknik proporsional random sampling dari sampel masing-masing kelas diambil dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan angket. Angket sebelumnya diuji coba dengan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan efektif. Hasil analisis regresi diperoleh persamaan garis regresi: Y = 10,271 + 0,297X1 + 0,272X2. Kesimpulannya adalah: 1) pola belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung > ttabel atau 2,613 > 1,980 dan nilai signifikansi <0,05yaitu 0,010 dengan sumbangan relatif sebesar 54,83% dan sumbangan efektif sebesar 13,98%; 2) kreativitas belajar mahasiswa berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan pada analisis regresi linier ganda (uji t) yang diketahui bahwa thitung>ttabel atau 2,216 > 1,980 dan nilai signifikansi<0,05 yaitu 0,029 dengan sumbangan relatif 45,17% dan sumbangan efektif 11,52%; 3) pola belajar dan kreativitas belajar mahasiswa bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar DAK 1. Hal ini berdasarkan analisis regresi linier ganda yaitu uji F yang diketahui bahwa Fhitung>Ftabel atau 20,492 > 3,071; 4) hasil uji koefisien determinasi (R2) pola belajar sebesar 0,224 sehingga menunjukkan pengaruh pola belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 22,4%. Hasil uji koefisien determinasi (R2), pola belajar dan kreativitas belajar yaitu 0,255 atau 25,5% sehingga menunjukkan besarnya pengaruh kreativitas belajar terhadap prestasi belajar DAK 1 sebesar 3,1% (25,5% - 22,4%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar DAK 1, Pola Belajar dan Kreativitas Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 07:24
Last Modified: 28 Oct 2021 06:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23521

Actions (login required)

View Item View Item