Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Yuska, Cintia Okta Lestarining and , Drs.Sudarto HS. MM and , Drs.M.Yahya,M.Si (2013) Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akuntansi Ditinjau Dari Pengelolaan Kelas Dan Komunikasi Guru Pada Siswa Program Keahlian Akuntansi Di Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (848kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (213kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (97kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui 1); Pengaruh pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 2) Untuk mengetahui pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi pada siswa program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013; 3) Untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas dan komunikasi guru terhadap prestasi belajar mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Metode yang digunakan menurut tingkat kejelasan adalah diskriptif sedangkan menurut jenis dan data menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 75 siswa. Sampel sebanyak 75 siswa, data yang diperoleh melalui metode angket dan dokumentasi. Angket sebelumnya diuji coba. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2 , sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan garis regresi Y=76.567 + 0.068X1+ 0.023X2 . Kesimpulan yang diambil adalah bahwa; 1) Pengelolaan kelas berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 2,353 > 1,992 dan nilai signifikan > 0,05, yaitu 0,033 dengan sumbangan relative sebesar 13,67 % dan sumbangan efektif sebesar 36 %; 2) Komunikasi guru terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Berdasarkan analisis regresi (Uji t) diketahui bahwa thitung > ttabel, yaitu 4,860 > 1,992 dan signifikan < 0,05, yaitu 0,027 dengan sumbangan relatif 4,7 % dan sumbangan efektif 42 %; 3) Pengelolaan kelas dan komunikasi guru berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar, dapat diterima. Dengan menggunakan analisis regresi (Uji F) diketahui bahwa Fhitung > Ftabel, yaitu 9,160 > 3,119 dan nilai signifikan < 0,05, yaitu 0,000; 4) Hasil koefisien determinasi (R2) pengelolaan kelas 0,025 sehingga dapat menunjukkan bahwa pengaruh antara pengelolaan kelas terhadap prestasi belajar adalah sebesar 36%. Hasil uji koefisien regresi (R2) pengelolaan kelas dan komunikasi guru sebesar 0,780 atau 78%. Sehingga dapat menunjukkan besarnya pengaruh komunikasi guru terhadap prestasi belajar sebesar 42 % ( 78%- 36%).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan kelas, komunikasi guru dan pretasi belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 07:13
Last Modified: 28 Oct 2021 06:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23520

Actions (login required)

View Item View Item