Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Listianingsih, Listianingsih and , Drs.Joko Suwandi, S.E, M.Pd and ., Drs.Djumali, M.Pd. (2013) Pengaruh Motivasi Belajar Dan Persepsi Siswa Mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (253kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (33kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi. 2) Untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru terhadap prestasi belajar akuntansi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo yang berjumlah 144 siswa, dengan jumlah sampel 100 siswa. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier ganda, uji t, uji F, uji R2, sumbangan relatif dan sumbangan efektif. Berdasarkan hasil analisis regresi linier ganda diperoleh garis persamaan regresi Y = 45,281 + 0,369.X1 + 0,311.X2, yang berarti bahwa prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan: 1) Motivasi Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 5,344 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b1X1, yaitu +0,369 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 57,9% dan sumbangan efektif sebesar 44,7%. 2) Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji t diketahui nilai thitung > ttabel yaitu 3,963 > 1,985 dan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000. Arah pengaruh ditunjukkan oleh nilai persamaan regresi b2X2, yaitu +0,311 atau bernilai positif, dengan sumbangan relatif sebesar 42% dan sumbangan efektif sebesar 32,5%. 3) Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru berpengaruh positif terhadap Prestasi Belajar Akuntansi. Hal ini berdasarkan hasil uji F diketahui nilai Fhitung > Ftabel sebesar 165,369 > 3,090 dengan nilai probabilitas signifikansi < 0,05, yaitu 0,000, berarti motivasi belajar dan persepsi siswa mengenai variasi gaya mengajar guru secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar akuntansi. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 0,773 yang menunjukkan bahwa kolaborasi variabel X1 dan X2 berpengaruh sebesar 77,3%, sedangkan sisanya 22,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar, Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa mengenai Variasi Gaya Mengajar Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 Apr 2013 06:55
Last Modified: 28 Oct 2021 05:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23518

Actions (login required)

View Item View Item