Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Metode Modeling The Way Dengan Mengoptimalkan Media Kotak Surat Dan Komik Di SDN 5 Kuripan Purwodadi

Cahyani, Handri (2013) Peningkatan Kreativitas Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Ipa Dengan Menggunakan Metode Modeling The Way Dengan Mengoptimalkan Media Kotak Surat Dan Komik Di SDN 5 Kuripan Purwodadi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (456kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (317kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (108kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (168kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas siswa kelas V SD Negeri 5 Kuripan Purwodadi dengan cara menggunakan metode pembelajaran modeling the way. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 5 Kuripan Purwodadi yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data dilakuakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas instrumen, apabila instrumen sudah valid maka data juga akan valid. Teknik analisis data dilakukan secara analisis interaktif yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator kreativitas siswa, indikator pencapaian kreativitas pada siklus terakhir pada siklus II adalah: 1) Pemahan diskusi 78,26%, 2) Kerja kelompok 95,65%, 3) Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi 69,56%, 4) membuat kombinasi secara tepat 86,96%, 5) Ketelitian 52,17%, 6) keberanian menyampaikan kesimpulan 26,09%. Hasil penelitian yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan kreativitas siswa yang mencapai KKM sebesar 0% atau 0 siswa, kemudian pada siklus 1 meningkat menjadi 8 siswa atau 34,78% dan meningkat pada siklus II menjadi 18 siswa atau 78,26%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran modeling the way dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran IPA pada siswa kelas V SD Negeri 5 Kuripan Purwodadi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas siswa, modeling the way
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 08 Apr 2013 11:35
Last Modified: 21 Nov 2019 01:44
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23497

Actions (login required)

View Item View Item