Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Mp-Asi Dengan Perilaku Pemberian MP-ASI Dan Status Gizi Pada Baduta Usia 6-24 Bulan Di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta

Mawarni, Siti (2013) Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Mp-Asi Dengan Perilaku Pemberian MP-ASI Dan Status Gizi Pada Baduta Usia 6-24 Bulan Di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (219kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (265kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (21kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (22kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)

Abstract

Pendahuluan: MP-ASI merupakan makanan tambahan yang diberikan pada bayi mulai usia 6-24 bulan untuk menunjang tumbuh kembangnya. Pengetahuan tentang MP-ASI dapat mempengaruhi perilaku pemberian MP-ASI dan juga dapat mempengaruhi status gizi. Survei di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari pada tahun 2009, 2010, dan 2011 menunjukkan bahwa Kelurahan Kestalan memiliki balita berstatus gizi kurang dan kurus lebih besar dibanding Kelurahan lain yang berada di Kota Surakarta yaitu sebesar 17,08%(BB/U), 9,75%(BB/U), dan 7,69%(BB/PB). Tujuan: untuk mengetahui hubungan pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan perilaku pemberian MP-ASI dan status gizi pada baduta usia 6–24 bulan di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Metode Penelitian: Jenis penelitian ini bersifat observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah ibu yang memiliki baduta berumur 6-24 bulan dan baduta usia 6-24 bulan yang ada di Kelurahan Kestalan Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. Jumlah baduta usia 6-24 bulan di Kelurahan Kestalan adalah 35 baduta. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 35 baduta berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar ibu baduta mempunyai pengetahuan baik yaitu 51,4%. Perilaku ibu tentang pemberian MPASI sebagian besar mempunyai perilaku baik yaitu 54,3%. Status gizi baduta sebagian besar mempunyai status gizi normal yaitu 88,6%. Kesimpulan: Berdasarkan analisis korelasi Rank Spearman diketahui bahwa ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan perilaku ibu tentang pemberian MP-ASI (nilai p = 0,000), dan ada hubungan antara pengetahuan ibu tentang MP-ASI dengan status gizi baduta (nilai p = 0,025). Saran bagi pihak Puskesmas hendaknya melakukan intervensi dengan memberikan penyuluhan untuk meningkatkan pengetahuan ibu mengenai gizi baduta dan MP-ASI pada khususnya.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Perilaku, Status gizi, Baduta, MP-ASI
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2013 10:24
Last Modified: 26 Oct 2021 06:48
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23491

Actions (login required)

View Item View Item