Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Dan Superitem Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Pada kelas VII SMP N 1 Kradenan Tahun Ajaran 2012/2013)

Setiyawati, Sri Yuni and , Dra. Sri Sutarni, M.Pd (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Model Mind Mapping Dan Superitem Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa (Pada kelas VII SMP N 1 Kradenan Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (750kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (130kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (327kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran Mind Mpping dan Superitem terhadap prestasi belajar matematika, (2) pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika, (3) efek interaksi model pembelajaran dan kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Kradenan tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 8 kelas. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 80 siswa yang terdiri dari 40 siswa sebagai kelas Ming Mapping dan 40 siswa sebagai kelas Superitem. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah cara Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Dari hasil penelitian untuk α = 5% : (1) pada efek utama A (model pembelajaran), karena A F > tabel F hal ini berarti A H0 ditolak maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh strategi pembelajaran Mind Mapping dan Superitem terhadap prestasi belajar matematika. (2) karena A F > tabel F , yaitu 3,7573 >3,15, hal ini berarti B H0 ditolak, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh kemampuan awal siswa terhadap prestasi belajar. (3) karena AB F < tabel F maka diperoleh AB H0 ditolak yang artinya pada tingkat kepercayaan 95% (α = 0,05) tidak ada efek interaksi antara model pembelajaran dan kemampuan siswa terhadap prestasi belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan awal siswa, prestasi belajar, Mind Mapping, Dan Superitem
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2013 07:43
Last Modified: 01 Nov 2021 20:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23484

Actions (login required)

View Item View Item