Penerapan Model Belajar Tuntas Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Kemandirian Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Gatak )

Nur ‘Aini,, Alfiyah (2013) Penerapan Model Belajar Tuntas Untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Dan Kemandirian Belajar Matematika ( PTK Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Gatak ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (346kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (63kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan tanggung jawab dan kemandirian belajar matematika siswa dengan menerapkan model belajar tuntas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII SMP N 1 Gatak yang berjumlah 32 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan tanggung jawab dan kemandirian belajar matematika siswa melalui model belajar tuntas. Peningkatan ini dapat dilihat dari indikator-indikatornya. Dari indikator tanggung jawab, yaitu melaksanakan dan menyelesaikan tugas dengan sungguh- sungguh sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (28,13%), setelah tindakan sebanyak 26 siswa (81,25%), mengumpulkan tugas tepat waktu sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (28,13%), setelah tindakan sebanyak 24 siswa (75%), mau menerima akibat dari perbuatannya sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah tindakan sebanyak 28 siswa (87,5%). Adapun indikator kemandirian, yaitu mampu menyelesaikan tugas dan tanggung jawab sebelum tindakan sebanyak 7 siswa (21,88%), setelah tindakan sebanyak 27 siswa (84,38%), mampu mengatasi masalah sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah tindakan sebanyak 23 siswa (71,88%), percaya pada kemampuan diri sendiri sebelum tindakan sebanyak 9 siswa (28,13%), setelah tindakan sebanyak 21 siswa (65,63%), memiliki rasa ingin tahu yang besar sebanyak 6 siswa (18,75%), setelah tindakan sebanyak 21 siswa (65,63%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model belajar tuntas dapat meningkatkan tanggung jawab dan kemandirian belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model belajar tuntas, tanggung jawab, kemandirian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2013 07:18
Last Modified: 08 Apr 2013 09:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23483

Actions (login required)

View Item View Item