Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 Smp Muhammadiyah 5 Surakarta

Kurniawati, Puput and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Melalui Metode Inquiry Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Tingkat Kecerdasan Emosional Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013 Smp Muhammadiyah 5 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (994kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (157kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (454kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (697kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh metode pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa, (2) pengaruh tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika, (3) efek antara metode inquiry dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dengan populasi sebanyak 6 kelas dengan jumlah 190 siswa kelas VIII tahun ajaran 2012/2013 dan sampel yang digunakan adalah kelas VIII B sebagai kelas eksperimen yang dikenai metode pembelajaran inquiry sedangkan kelas VIII C sebagai kelas kontrol dikenai metode pembelajaran konvensional. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode angket, metode tes dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama yang sebelumnya sudah dilakukan uji prasyarat analisis yaitu dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil anava dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh metode pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar matematika siswa yang (2) terdapat pengaruh tingkat kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar matematika (3) tidak ada efek interaksi metode pembelajaran inquiry dan tingkat kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: inquiry, hasil belajar, tingkat kecerdasan emosional (EQ)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Apr 2013 06:49
Last Modified: 01 Nov 2021 20:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23481

Actions (login required)

View Item View Item