Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya Dengan Menggunakan Metode Group Resume Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Hardiyanti, Dessy and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Peningkatan Kreativitas Belajar IPA Pokok Bahasan Gaya Dengan Menggunakan Metode Group Resume Pada Siswa Kelas IV SDN 01 Paseban Jumapolo Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (178kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (366kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (405kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (220kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan Penelitian dari penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Untuk meningkatkan kreativitas siswa dalam proses pembelajaran IPA melalui metode Group Resume. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui metode Group Resume. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dari penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 01 Paseban Kecamatan Jumapolo Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 15 siswa terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi, tes. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang menunjukkan peningkatan kreativitas belajar IPA melalui Group Resume dapat dijelaskan sebagai berikut: Memiliki rasa ingin tahu yang besar mengalami peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan kelas sebanyak 4 siswa (26%) sampai pada siklus akhir menjadi 13 siswa (86%). Sering mengajukan pertanyaan yang berbobot mengalami peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan kelas sebanyak 4 siswa (26%), sampai pada siklus akhir menjadi 12 siswa (80%). Memberikan banyak gagasan dan usul terhadap suatu masalah mengalami peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan kelas sebanyak 3 siswa (20%), sampai pada siklus akhir menjadi 12 siswa (85%). Mempunyai pendapat sendiri dan dapat mengungkapkannya, tidak mudah terpengaruh orang lain mengalami peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan kelas sebanyak 5 siswa (33%), sampai pada siklus akhir menjadi 13 siswa (86%). Dapat bekerja sendiri mengalami peningkatan yaitu sebelum adanya penelitian tindakan kelas sebanyak 6 siswa (40%), sampai pada siklus akhir menjadi 14 siswa (93%). Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, siswa yang tuntas belajarnya sebelum dilaksanakan tindakan sebanyak 7 siswa, pada pelaksanaan siklus I sebanyak 10 siswa, siklus II sebanyak 13 siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: group resume, kreativitas belajar IPA.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Apr 2013 11:44
Last Modified: 30 Oct 2021 18:06
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23472

Actions (login required)

View Item View Item