Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (Talular) Bagi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Miri 2012/2013

KUSMINASARi , Dyah Ayu (2013) Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (Talular) Bagi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Miri 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (503kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (494kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (415kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika melalui pendekatan Teaching And Learning Using Locally Available Resources (TALULAR). Subyek yang menerima tindakan siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Miri Sragen yang berjumlah 22 siswa. Data dikumpulkan melalui berbagai teknik pengumpulan data yang meliputi observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif model alur yang terdiri dari proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data yang digunakan untuk menarik kesimpulan. Penelitian ini menunjukkan ada peningkatan motivasi belajar matematika melalui pendekatan TALULAR. Peningkatan ini ditunjukkan dengan adanya hasil penelitian yang dijabarkan sebagai berikut: 1) siswa antusias dalam mengikuti pelajaran dari 22,7% menjadi 80,9% setelah dilakukan tindakan; 2) siswa antusias dalam belajar kelompok dari 18,2% menjadi 90,5% setelah dilakukan tindakan ; 3) siswa memperhatikan penjelasan guru dari 27,3% menjadi 85,7% setelah dilakukan tindakan; 4) siswa aktif mengerjakan soal kedepan kelas 4,5% menjadi 76,2% setelah dilakukan tindakan. Selain itu, penelitian ini juga meningkatkan hasil belajar matematika sebesar 44,8% dari 40,9% menjadi 85,7%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan TALULAR dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Miri pada tahun ajaran 2012/2013.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, hasil belajar matematika, TALULAR
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Apr 2013 12:21
Last Modified: 03 Apr 2013 12:24
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23466

Actions (login required)

View Item View Item