Penerapan Strategi Problem Solving Berbasis Superitem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Lingkaran ( PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Genap SMP N 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 )

KUSUMANINGTYAS, Rahma and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Penerapan Strategi Problem Solving Berbasis Superitem Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pokok Bahasan Lingkaran ( PTK Pada Siswa Kelas VIII E Semester Genap SMP N 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (64kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (140kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (138kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (48kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_-_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (276kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dengan menerapkan strategi Problem Solving berbasis Superitem. bagi siswa kelas VIII E SMP N 2 Sawit Boyolali. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII E berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 23 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan berpikir kritis. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) mengajukan ide, gagasan, dan tanggapan 13,04% sebelum tindakan, setelah tindakan menjadi 73,91% (2) memahami masalah sebelum tindakan 30,43%, setelah tindakan menjadi 95,65% (3) menyusun rencana penyelesaian sebelum tindakan 26,09%, setelah tindakan menjadi 86,96% dan (4) melaksanakan rencana penyelesaian dengan benar sebelum tindakan 21,74%, setelah tindakan menjadi 69,56%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Solving berbasis Superitem dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berpikir kritis, Problem Solving, Superitem
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Apr 2013 11:38
Last Modified: 27 Oct 2021 23:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23459

Actions (login required)

View Item View Item