Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Solving Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013

Cholil, Hasan Abdul and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Peningkatan Kemampuan Penalaran Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Strategi Problem Solving Kelas VIII SMP Negeri 2 Sawit Boyolali Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (513kB)
[img]
Preview
PDF (BAB I)
BAB_I.pdf

Download (109kB)
[img] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (44kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (283kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII C SMP N 2 Sawit Boyolali tahun pelajaran 2012/2013 setelah dilakukan pembelajaran melalui strategi Problem Solving. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII C SMP N 2 Sawit Boyolali yang berjumlah 24 siswa, sebagai obyek penelitian adalah kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, verifikasi data (penarikan kesimpulan). Validitas data menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi penyidik. Hasil penelitian adalah ada peningkatan kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator kemampuan penalaran dan hasil belajar matematika meliputi: 1) kemampuan siswa dalam memahami masalah sebelum putaran 33,33%, sesudah putaran 83,33 %, 2) kemampuan siswa menyusun rencana penyelesaian sebelum putaran 29,16 %, sesudah putaran 83,33 %, 3) kemampuan siswa melaksanakan rencana penyelesaian dengan benar sebelum putaran 20,83 %, sesudah putaran 62,5 %, 4) kemampuan siswa dalam mengungkapkan ide dan tanggapannya sebelum putaran 16,67 %, sesudah putaran 66,67 %, dan 5) siswa yang nilainya lebih dari sama dengan KKM sebelum putaran 41,67%, sesudah putaran 83,33 %. Berdasarkan rincian diatas disimpulkan bahwa penerapan strategi Problem Solving dapat meningkatkan kemampuan prnalaran dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan penalaran, hasil belajar, Problem Solving
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 03 Apr 2013 11:20
Last Modified: 27 Oct 2021 23:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23456

Actions (login required)

View Item View Item