Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013

Sari, Annisa Citra (2013) Dukungan Lingkungan Sosial, Minat, Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_judul.pdf

Download (606kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (67kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (189kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (279kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (370kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika; 2) menganalisis dan menguji dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika; 3) menganalisis dan menguji dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika; 4) menganalisis dan menguji dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kuantitatif korelasional, yaitu suatu jenis penelitian kuantitatif dimana peneliti tidak hanya mendeskripsikan variabel-variabel, tetapi juga menguji sifat hubungan di antara variabel kuantitatif tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII Semester I SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012 yang berjumlah 299 siswa. Sampel yang diambil sebanyak 171 siswa dengan teknik sampling acak. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumenter dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda tiga prediktor, uji F, uji t, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Hasil analisis regresi memperoleh persamaan regresi ganda tiga prediktor, yaitu: Y = 49,133 + 0,181 X1 + 0,1 X2 + 0,126 X3. Adapun kesimpulan yang diambil adalah: 1) ada dukungan lingkungan sosial, minat, dan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara serentak, hal ini berdasarkan hasil uji F dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu 23,429 > 2,66; 2) ada dukungan lingkungan sosial terhadap hasil belajar matematika secara parsial, hal ini berdasarkan hasil uji t dengan nilai t1 > ttabel yaitu 3,995 > 1,97; 3) ada dukungan minat belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial, hal ini berdasarkan hasil uji t dengan nilai t2 > ttabel yaitu 2,106 > 1,97; 4) ada dukungan kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika secara parsial, hal ini berdasarkan hasil uji t dengan nilai t3 > ttabel yaitu 1,993 > 1,97.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sosial, minat belajar, kedisiplinan belajar, hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2013 08:08
Last Modified: 03 Apr 2013 08:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23451

Actions (login required)

View Item View Item