ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA DEALER SABAR MOTOR DI SURAKARTA

HARTONO, NUR RIYADI (2008) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT PEMBELIAN KONSUMEN PADA DEALER SABAR MOTOR DI SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100010290.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (448kB)
[img]
Preview
PDF
B100010290.pdf

Download (107kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) untuk mengetahui kesesuaian antara tingkat harapan pelanggan dengan kinerja terutama pada dimensi-dimensi pelayanan pada Dealer Sabar Motor di Surakarta, (2) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap minat pembelian konsumen pada Dealer Sabar Motor di Surakarta, dan (3) untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan pada Dealer Sabar Motor Surakarta. Data yang diperlukan dalam penelitian ini meliputi data primer yaitu data yang berupa angket, dan data sekunder yang berupa dokumentasi atau catatan yang berhubungan dengan obyek penelitian. Populasi penelitian adalah seluruh pelanggan Dealer Sabar Motor yang datang ke dealer pada periode pengamatan. Metode analisis yang peneliti gunakan adalah sebagai berikut : (1) Analisis Kualitatif, yaitu analisis dengan cara menjelaskan permasalahan tanpa menggunakan perhitungan statistik, (2) Analisis Kuantitatif, yaitu analisis menggunakan perhitungan statistik, sehingga hipotesis dapat diuji. Dalam hal ini peneliti menggunakan analisis uji regresi berganda, uji determinasi, analisis korelasi, uji t, dan uji F. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Hasil deskripsi terhadap harapan dan persepsi pelanggan terhadap kualitas pelayanan dealer Sabar Motor di Surakarta menunjukkan bahwa baik harapan maupun persepsi pelanggan pada masing-masing variabel termasuk dalam kategori yang sangat ideal, (2) Hasil uji regresi berganda berupa persamaan regresi Y = -2,751 + 0,279X1 + 0,190X2 + 0,411X3 + 0,306X4 + 0,125X5, persamaan tersebut menunjukkan perubahan positif pada kelima variabel independen (tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty) akan meningkatkan variabel dependen (kepuasan pelanggan), (2) hasil uji F diperoleh adalah Freg > Ftab ; 26,219 > 2,290 pada taraf signifikansi 5%, dengan demikian persamaan regresi diatas dapat digunakan sebagai alat peramalan atas kepuasan pelanggan, (3) Hasil pengujian menggunakan uji t menunjukkan 4 variabel yaitu tangible, reliability, responsiveness, dan assurance yang terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan variabel empathy tidak terbukti memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan, sedangkan, (4) berdasarkan nilai t hitung dan nilai koefisien regresi masing-masing variabel bebas terlihat bahwa variabel responsiveness (X3) memiliki nilai thitung tertinggi yaitu 4,770 dan koefisien regresi tertinggi yaitu 0,411 sehingga disimpulkan bahwa variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan adalah variabel responsiveness , dan (4) diperoleh koefisien determinan sebesar 0,528 sehingga disimpulkan 52,8% variasi perubahan kepuasan pelanggan terhadap kinerja dealer dipengaruhi perubahan kualitas pelayanan yang terdiri dari tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Sedangkan 41,8% variasi perubahan kepuasan pelanggan terhadap kinerja dealar disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian seperti pendapatan dan kondisi ekonomi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: mutu pelayanan dan kepuasan konsumen.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 09 Jun 2009 07:59
Last Modified: 16 Nov 2010 23:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2345

Actions (login required)

View Item View Item