Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A di SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 )

Kurniyawati, Nila (2013) Peningkatan Kemampuan Spasial Melalui Model Pembelajaran Gerlach Dan Ely Pada Pokok Bahasan Kubus Dan Balok ( PTK Pembelajaran Matematika Kelas VIII A di SMP N 2 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (583kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (71kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (656kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan spasial dengan menerapkan model pembelajaran Gerlach dan Ely bagi siswa kelas VIII A SMP N 2 Colomadu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan secara kolaborasi antara guru matematika dan peneliti. Siswa kelas VIII A berperan sebagai subyek penerima tindakan yang berjumlah 32 siswa, guru berperan sebagai subyek pemberi tindakan, sedangkan obyek penelitian adalah kemampuan spasial. Metode pengumpulan data yang digunakan saat penelitian adalah metode tes, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah proses analisis data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan kemampuan spasial melalui model pembelajaran Gerlach dan Ely yang dapat dilihat dari indikator yaitu: (1) menyebutkan sifat-sifat bangun ruang yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 15,62%, dan diakhir tindakan menjadi 84,37% (2) menyebutkan contoh benda nyata yang menyerupai bangun ruang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 21,87%, dan diakhir tindakan menjadi 81,25% (3) memvisualisasikan gambar yang dimaksud kemudian mengoperasikan bilangan-bilangan ke dalam rumus sebelum tindakan 12,5%, dan diakhir tindakan menjadi 87,37%, (4) menggambar atau melukis bangun ruang yang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 25%, dan diakhir tindakan menjadi 78,12%, dan (5) membuat alat peraga yang menyerupai bangun ruang sesuai dengan konsep pembelajaran sebelum tindakan 21,87%, dan diakhir tindakan menjadi 78,12%. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Gerlach dan Ely dapat meningkatkan kemampuan spasial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan spasial, Gelach dan Ely.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 03 Apr 2013 07:17
Last Modified: 03 Apr 2013 07:17
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23447

Actions (login required)

View Item View Item