Penerapan Model Pembelajaran Arias Pada Metode Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu )

Meiriana, Diyah Ayu (2013) Penerapan Model Pembelajaran Arias Pada Metode Pembelajaran Problem Based Intruction Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Kemandirian Belajar Matematika( PTK Pada Siswa Kelas VII C SMP Negeri 3 Colomadu ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (799kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motvasi dan kemandirian belajar siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu. Dimana pembelajarannya menerapkan model pembelajaran ARIAS pada metode Problem Based Intruction. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian PTK. Subjek penerima tindakan pada penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu yang berjumlah 32 siswa. Sedang subjek pemberi tindakan adalah guru SMP N 3 Colomadu. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan analisis komparatif dan pendekatan analisis kritis. Hasil penelitian menuunjukkan adanya peningkatan motivasi dan kemandirian belajar siswa SMP N 3 Colomadu pada pembelajaran matematika yang menerapkan model pembelajaran ARIAS pada metode Problem Based Intruction. Hasilnya dapat kita lihat dari indikator-indikator motivasi, yaitu: (1) kesiapan siswa mengikuti pelajaran meningkat dari 25% menjadi 71,875%, (2) kemampuan siswa dalam memperhatikan penjelasan guru meningkat dari 21,875% menjadi 71.875%, (3) kemampuan siswa menganalisis masalah meningkat dari 37,5% menjadi 78,125% serta dari peningkatan indikator-indikator kemandirian, yaitu: (1) mengerjakan soal latihan secara mandiri meningkat dari 25% menjadi 78,125%, (2) mampu memecahkan masalah secara mandiri meningkat dari 21,875% menjadi 75%. Dari data hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran ARIAS dengan menggunakan metode Problem Based Intruction dapat meningkatkan motivasi dan kemandirian belajar siswa kelas VII C SMP N 3 Colomadu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ARIAS, PBI, motivasi, dankemandirianbelajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:30
Last Modified: 02 Apr 2013 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23439

Actions (login required)

View Item View Item