Implementasi Strategi Student Team Heroic Leadership Dengan Media Lks Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Matematika (PTK Di Kelas VII C SMP Negeri 3 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013)

Istiyani, Risti and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Implementasi Strategi Student Team Heroic Leadership Dengan Media Lks Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa Pada Pembelajaran Matematika (PTK Di Kelas VII C SMP Negeri 3 Ceper Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (658kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (102kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (175kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (444kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemandirian siswa SMP Negeri 3 Ceper Tahun 2012/2013 melalui strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan media LKS pada pokok bahasan perbandingan. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek yang melakukan tindakan adalah guru matematika dan subyek yang dikenai tindakan adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 3 Ceper yang berjumlah 22 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika pada pokok bahasan perbandingan, hal ini dapat dilihat dari: 1) siswa memiliki rasa tanggungjawab sebelum penelitian 18,18% setelah penelitian 68,18%, 2) siswa berperilaku disiplin sebelum penelitian 13,63% sesudah penelitian 59,09%, 3) siswa tidak bergantung terhadap orang lain sebelum penelitian 22,72% sesudah penelitian 63,63%, dan 4) siswa berperilaku berdasarkan inisiatif sendiri sebelum penelitian 18,18% sesudah penelitian 54,54%. Dapat disimpulkan bahwa strategi pembelajaran Student Team Heroic Leadership dengan media LKS dapat meningkatkan kemandirian siswa dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemandirian siswa, student team heroic leadership
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:21
Last Modified: 27 Oct 2021 22:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23438

Actions (login required)

View Item View Item