Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2011/2012

Marlina, Fitria (2013) Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Script Pada Siswa Kelas Vii Semester Genap SMP Muhammadiyah 10 Surakarta Tahun 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (43kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (953kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematika melalui strategi pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta. Jenis penelitian, yaitu penelitian tindakan kelas. Subyek penerima tindakan adalah siswa kelas VII A yang berjumlah 29 siswa dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VII A. Pengumpulan data dilaksanakan dengan melalui observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data, menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan metode alur. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan komunikasi siswa dalam pembelajaran matematika. Peningkatan komunikasi diamati dari 1) kemampuan lisan sebelum tindakan 17,24% dan setelah tindakan mengalami peningkatan sebesar 65,51%, 2) kemampuan dalam menulis sebelum tindakan 24,13% setelah tindakan meningkat sebesar 72,41%, 3) kemampuan dalam menggambar sebelum tindakan 20,68% setelah tindakan meningkat sebesar 68,98%, 4) kemampuan dalam menjelaskan konsep-konsep sebelum tindakan 10,34% dan setelah tindakan meningkat 58,62%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa komunikasi matematika dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran cooperative script pada siswa kelas VII A SMP Muhammadiyah 10 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: komunikasi, lisan, menulis, menggambar, konsep, cooperative script
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:10
Last Modified: 02 Apr 2013 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23436

Actions (login required)

View Item View Item