Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten)

Puspitaningtyas, Henny Retno (2013) Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Tps (Think Pair Share) Pada Pembelajaran Matematika (PTK Pada siswa kelas V11 DI SMP N 2 Wedi Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (394kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (32kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi melalui penerapan model pembelajaran think pair share. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi yang berjumlah 33 siswa. Pelaksanaan penelitian dilaksanakan selama tiga kali putaran. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Untuk menjamin validitas data digunakan teknik tringulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan adalah proses analisis data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa strategi think pair share dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VII D SMP N 2 Wedi, hal tersebut dilihat dari indikator: 1) mengemukakan ide, dari sebelum tindakan 18,18% menjadi 36,36% pada akhir tindakan, 2) mengajukan dan menjawab pertanyaan, dari sebelum tindakan 24,24% menjadi 42,42% pada akhir tindakan, 3) mengerjakan soal di depan kelas 21,21% menjadi 48,48%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi Think Pair Share (TPS) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keaktifan siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan, think pair share
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 12:01
Last Modified: 02 Apr 2013 12:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23433

Actions (login required)

View Item View Item