Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Student Facilitator And Explaining Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa(Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013)

Astuti, Indra Puji and , Masduki, S.Si, M.Si (2013) Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Student Facilitator And Explaining Dan Stad Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa(Penelitian Eksperimen pada Kelas VII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
COVER-INTISARI.pdf

Download (228kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (27kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (NAskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (140kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (904kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji: (1) pengaruh metode Student Facilitator and Explaining dan STAD terhadap hasil belajar matematika, (2) pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) interaksi antara metode pembelajaran dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Surakarta tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 226 siswa. Sampel penelitian ini sebanyak 65 siswa yang terdiri dari 33 siswa kelas Student Facilitator and Explaining dan 32 siswa kelas STAD yang dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah dengan metode angket, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan dengan frekuensi sel tidak sama. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil penelitian untuk α = 5% adalah: (1) tidak ada pengaruh metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) terhadap hasil belajar matematika, (2) ada pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak ada interaksi antara metode pembelajaran (Student Facilitator and Explaining dan STAD) dan aktivitas belajar terhadap hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: aktivitas belajar, hasil belajar, metode STAD, metode Student Facilitator and Explaining
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 02 Apr 2013 11:16
Last Modified: 27 Oct 2021 22:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item