Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Anemia dan Kebiasaan Makan Terhadap Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di Asrama SMA MTA Surakarta

Ikhmawati, Yulinar and , Dwi Sarbini, S.ST., M.Kes and , Susi Dyah Puspowati, M.Si (2013) Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Anemia dan Kebiasaan Makan Terhadap Kadar Hemoglobin pada Remaja Putri di Asrama SMA MTA Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (369kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (BAb IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (936kB)

Abstract

Latar Belakang : Anemia dapat disebabkan karena kekurangan zat gizi yang berperan dalam pembentukan hemoglobin. Salah satu penyebab terjadinya anemia adalah asupan yang tidak mencukupi. Asupan zat gizi sangat tergantung pada kebiasaan makan yang dilakukan. Salah satu faktor yang mempengaruhi kebiasaan makan remaja adalah pengetahuan yang dimiliki. Tujuan : Mengetahui hubungan antara pengetahuan tentang anemia dan kebiasaan makan terhadap kadar hemoglobin pada remaja putri di Asrama SMA MTA Surakarta. Metode Penelitian : Jenis penelitian bersifat observasional dengan pendekatan crossectional. Jumlah sampel penelitian 75 remaja putri yang sesuai dengan kriteria inklusi. Data pengetahuan tentang anemia dan kebiasaan makan diperoleh melalui wawancara dengan menggunakan kuesioner. Data kadar hemoglobin diperoleh melalui metode Cyanmethemoglobin. Uji statistik yang digunakan adalah uji Pearson Product Moment dan Rank-Spearman. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan 76% pengetahuan tentang anemia remaja putri tergolong kurang baik. Data kebiasaan makan 52% frekuensi makan remaja putri tergolong baik, sedangkan 73,3% remaja putri mengkonsumsi jenis makanan kurang baik. Data pemeriksaan kadar Hb 56% kadar Hb remaja putri tergolong tidak normal. Hasil uji hubungan antara pengetahuan tentang anemia terhadap kadar Hb nilai p = 0,233. Hasil uji hubungan antara frekuensi makan terhadap kadar Hb nilai p = 0,502. Hasil uji hubungan antara jenis makanan terhadap kadar Hb nilai p = 0,048. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara pengetahuan tentang anemia dan frekuensi makan terhadap kadar hemoglobin. Ada hubungan antara jenis makanan terhadap kadar hemoglobin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, kebiasaan makan, hemoglobin
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 01 Apr 2013 12:24
Last Modified: 09 Sep 2022 06:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23419

Actions (login required)

View Item View Item