Pola Dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penggalang Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa ( Studi Deskriptif Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 )

Isnianto, Isnianto and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Pola Dan Mekanisme Pembinaan Pramuka Penggalang Sebagai Upaya Pengembangan Karakter Siswa ( Studi Deskriptif Kegiatan Ekstrakurikuler Kepramukaan Kelas VII di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013 ). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (581kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (180kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (428kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (88kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (454kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pola pembinaan Pramuka Penggalang di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Untuk mendeskripsikan mekanisme pembinaan Pramuka Penggalang di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk mendeskripsikan upaya pengembangan karakter siswa melalui pola pembinaan Pramuka Penggalang di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. 4)Untuk mendeskripsikan upaya pengembangan karakter siswa melalui mekanisme pembinaan Pramuka Penggalang di SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa ketika berlangsungnya kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan tersebut. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam triangulasi yaitu triangulasi sumber data dan triangulasi teknik pengumpulan data. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, (1) Pola pembinaan Pramuka Penggalang sebelum pelaksanaan kegiatan kepramukaan itu Kakak-kakak Pembina merencanakan program kerja tahunan dan mingguan dalam gugus depan. (2) Mekanisme pembinaan pramuka penggalang dalam kegiatan kepramukaan kelas VII dibiasakan sebelum melaksanakan latihan rutin itu dengan upacara pembukaan dalam bentuk barisan angkare/leter U, materi pelatihan kepramukaan, dan yang terakhir upacara penutupan yang dilakukan oleh regu putra dan regu putrisecara terpisah. (3) Upaya pengembangan karakter siswa melalui pola pembinaan Pramuka Penggalang ini dalam hal-hal kegiatanya adalah shalat 5 waktu dengan berjama’ah, kegiatan agenda atau program tahunan yaitu dengan Perkemahan Sabtu Ahad (Persada), Out bond ketika Jambore nasional (Jamnas), Penjelajahan (Wide game) seperti Hiking. (4) Upaya pengembangan karakter melalui mekanisme pembinaan pramuka penggalang dengan tidak terlepas dari Janji Pandu dan 10 karakter dari kepribadian pandu SIT.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola dan Mekanisme Pembinaan, Pramuka Penggalang, Pengembangan Karakter Siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Apr 2013 12:09
Last Modified: 25 Oct 2021 02:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23416

Actions (login required)

View Item View Item