Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Pada Anak (Studi Eksplorasi pada Anak Pegawai Negeri dan Anak Petani di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012)

Hananto, Andriyas Tri and , Dr. Nur Hadiantomo and , Dra. Sundari, SH., M.Hum. (2013) Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Pada Anak (Studi Eksplorasi pada Anak Pegawai Negeri dan Anak Petani di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (552kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (51kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti pada anak keluarga pegawai negeri. 2) Untuk mengetahui peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti pada anak keluarga petani. 3) Untuk mengetahui persamaan dan perbedaan peran orang tua dalam penanaman nilai-nilai budi pekerti pada anak keluarga pegawai negeri dan petani. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pendekatan kualitatif yaitu sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Selain itu, metode yang digunakan yaitu pengamatan, wawancara, dan penelaahan dokumen. Dalam penelitian ini, menggunakan dua macam trianggulasi, yang pertama trianggulasi teknik atau instrumen pengumpul data yang berasal dari hasil dokumentasi, observasi langsung, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data penelitian tentang Peran Orang Tua Dalam Penanaman Nilai-Nilai Budi Pekerti Pada Anak (Studi Eksplorasi pada Anak Pegawai Negeri dan Anak Petani di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun 2012) yang penulis lakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Para orang tua yang berprofesi sebagai pegawai negeri memandang pendidikan akhlak yang meliputi budi pekerti, perangi, tingkah laku, atau tabiat penting untuk diajarkan. Hal ini dikarenakan mereka berpandangan bahwa anak yang baik karena didikan orang tua yang baik pula, sehingga dapat membawa nama baik orang tua di lingkungan masyarakat. 2) Mayoritas orang tua yang berprofesi sebagai petani di Desa Kaling Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar berpendidikan rendah. Mereka tidak begitu memperdulikan nasib pendidikan anak-anak mereka. Masalah pendidikan baik formal maupun informal anak-anak bagi mereka tidak begitu penting. 3) Meskipun terdapat perbedaan antara peran antara orang tua yang berprofesi sebagai pegawai negeri dan petani, tetap saja ada persamaanya. Persamaannya adalah pola asuh keduanya sama-sama bersikap demokratis yaitu memberikan kebebasan kepada anak untuk bersikap dan berperilaku, tetapi kebebasan tersebut dibatasi dengan adanya kontrol dari orang tua. Selain itu, orang tua juga akan memberikan pujian kepada anaknya, jika anak tersebut dinilai masyarakat sebagai anak yang berperilaku baik

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran orang tua, Penanaman Nilai, Budi Pekerti
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Kewarganegaraan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 01 Apr 2013 11:39
Last Modified: 25 Oct 2021 01:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23413

Actions (login required)

View Item View Item