Pemanfaatan Kulit Batang Tuba (Derris Elliptica) Dan Daun Mimba (Azadirachta Indica) Sebagai Pestisida Organik Pembasmi Molusca Sawah (Pila Ampullacea)

Asrini, Fajar Dwi and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Pemanfaatan Kulit Batang Tuba (Derris Elliptica) Dan Daun Mimba (Azadirachta Indica) Sebagai Pestisida Organik Pembasmi Molusca Sawah (Pila Ampullacea). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (138kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (126kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (124kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (240kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1). Mengetahui pengaruh pestisida organik dari kulit batang tuba dan daun mimba dalam membasmi molusca sawah(Pila ampullacea), 2). Mengetahui dosis yang paling efektif pestisida organik dari kulit batang tuba dan daun mimba dalam membasmi molusca sawah(Pila ampullacea). Kulit batang tuba dapat dimanfaatkan sebagai pestisida organik pembasmi molusca sawah (Pila ampullacea) karena mengandung Rotenon. Daun mimba dapat dimanfaatkan sebagai pestisida organik pembasmi molusca sawah (Pila ampullacea) karena mengandung azadirachtin. Rancangan dalam penelitian ini adalah menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) anava dua jalur dengan kombinasi 9 perlakuan dan 3 ulangan. Pola faktorial terdiri atas 2 faktor, yaitu faktor 1 kulit batang tuba (Derris elliptica) dan faktor 2 daun mimba(Azadirachta indica). Parameter yang di ukur adalah waktu kematian molusca sawah. Hasil penelitian yang diperoleh dari ulangan ke-1 sampai ke-3 waktu paling cepat molusca sawah mengalami kematian pada perlakuan T3M3 (kulit batang tuba 20 ml dan daun mimba 20 ml). Hasil penelitian yang diperoleh dari ulangan ke-1 sampai ke-3 waktu paling lambat molusca sawah mengalami kematian pada perlakuan T1M1 (kulit batang tuba 10 ml dan daun mimba 10 ml). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan pemberian pestisida organik dari kulit batang tuba dan daun mimba berpengaruh dalam membasmi molusca sawah(Pila ampullacea). Kadar pemberian dosis sangat mempengaruhi kecepatan(waktu) molusca sawah mati.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kulit Batang Tuba, Daun Mimba, Dosis, Molusca Sawah (Pila ampullacea) dan Waktu Kematian Molusca Sawah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 07:12
Last Modified: 03 Nov 2021 19:20
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23369

Actions (login required)

View Item View Item