Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dan Inquiring Mind Want To Know Dengan Media Chart Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Vii Smp Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013

Runiaswati, Hesti (2013) Analisis Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dan Inquiring Mind Want To Know Dengan Media Chart Dalam Pembelajaran Biologi Kelas Vii Smp Negeri 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (268kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (53kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (314kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas VII menggunakan strategi Think Talk Write dan Inquiring Mind Want to Know dengan media Chart pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Hasil belajar siswa pada penelitian ini ditekankan pada perbedaan hasil belajar kognitif. Bentuk penelitian ini adalah eksperimen pendidikan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 6 Sragen Tahun Ajaran 2012/2013. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 96 siswa yang masing-masing kelas terdiri dari 32 siswa. Kelas yang digunakan adalah kelas VIIE sebagai kelas kontrol, kelas VIIG sebagai kelas eksperimen I (pembelajaran menggunakan strategi Think Talk Write) dan kelas VIIH sebagai eksperimen II (pembelajaran menggunakan strategi Inquiring Mind Want to Know). Teknik penentuan sampel menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data hasil belajar siswa dengan observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji analisis variansi satu jalan (One Way Anova) dan diperoleh nilai probabilitas yang sebelumnya menggunakan uji normalitas dan homogenitas. Hasil uji normalitas adalah kedua uji mempunyai data yang normal, sedangkan untuk uji homogenitas diperoleh sampel yang berasal dari populasi yang sama atau homogen. Hasil analisis data menggunakan Anova diperoleh nilai signifikansi 0,000<0,05, sehingga disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa menggunakan strategi Think Talk Write dan Inquiring Mind Want to Know dengan media chart pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup terdapat perbedaan yang signifikan .

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi Think Talk Write, strategi Inquiring Mind Want to Know, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 06:08
Last Modified: 28 Mar 2013 06:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23363

Actions (login required)

View Item View Item