Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dan Take And Give Dalam Pembelajaran Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa(Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012)

Dani, Dian Purnama (2013) Implementasi Strategi Pembelajaran Cooperative Script Dan Take And Give Dalam Pembelajaran Biologi Ditinjau Dari Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa(Pada Siswa Kelas VII Semester Genap MTs Negeri Manyaran Kabupaten Wonogiri Tahun Ajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar biologi siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperatif Script dibanding strategi pembelajaran Take and Give (2) perbedaan keaktifan siswa dengan penerapan strategi pembelajaran Cooperatif Script dibanding strategi pembelajaran Take and Give. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri Manyaran Tahun Ajaran 2011/2012, yang terdiri dari 4 kelas. Sampel yang digunakan yaitu 3 kelas dengan jumlah total ketiga kelas tersebut 96 siswa, yaitu kelas C sebagai kelompok eksperimen I dengan strategi pembelajaran Cooperatif Script dan kelas D sebagai kelompok eksperimen II dengan strategi pembelajaran Take and Give dan kelas A sebagai kelompok kontrol dengan strategi pembelajaran ceramah. Uji coba instrumen dilaksanakan di sekolah yang digunakan sebagai tempat penelitian yaitu di MTs Negeri Manyaran pada kelas VII B. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cluster Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes sebagai metode pokok, dan dokumentasi dan observasi sebagai metode bantu. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan progam SPSS yaitu uji hipotesis dengan Mann Whitney. Dari hasil penelitian pada   0,05%, diperoleh: (1) Tidak ada perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan strategi pembelajaran Take and Give. Hal ini didasarkan pada analisis data diperoleh nilai signifikansi p-value lebih dari 0,05 (0,625 > 0,05), (2) Tidak ada perbedaan keaktifan antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Cooperative Script dan strategi pembelajaran Take and Give. Hal ini didasarkan pada analisis data diperoleh nilai signifikansi p-value lebih dari 0,05 (0,451 > 0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Cooperatif Script, Take and Give, hasil belajar dan keaktifan siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 05:39
Last Modified: 28 Mar 2013 05:41
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23359

Actions (login required)

View Item View Item