Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Strategi Numbered Heads Together Disertai Reading Guide Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viiic Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Faidha, Siti Wening Nur and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Strategi Numbered Heads Together Disertai Reading Guide Dalam Meningkatkan Partisipasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Viiic Smp Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (441kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (133kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (216kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (58kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi_Siti_Wening_NF_A4_20090186.pdf

Download (446kB)

Abstract

Siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dalam proses pembelajaran masih banyak yang ramai, siswa masih merasa bosan dengan pembelajaran yang monoton, siswa pasif kurang memperhatikan guru saat pembelajaran berlangsung, metode maupun pendekatan yang digunakan kurang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan partisipasi dan hasil belajar biologi menggunakan strategi numbered heads together disertai reading guide pada siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang berjumlah 32 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data meliputi metode wawancara, metode observasi, metode test, dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan partisipasi dan hasil belajar siswa. Partisipasi siswa meliputi bertanya, menjawab pertanyaan, dan menyimpulkan hasil belajar. Hasil peningkatan partisipasi menunjukkan peningkatan dan mencapai target masing-masing indikator 30%. Hasil belajar siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta sebelum pelaksanaan tindakan diperoleh rata-rata sebesar 63,75. Rata-rata siklus I meningkat sebesar 70,00. Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu sebesar 77,50. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran numbered heads together disertai reading guide dapat meningkatkan partisipasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIIIC SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2012/2013 adalah sebesar 90%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi numbered heads together, reading guide, partisipasi, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 28 Mar 2013 04:49
Last Modified: 02 Nov 2021 23:59
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23354

Actions (login required)

View Item View Item